Thursday, August 9, 2012

Bahaya Olahraga Berlebihan

Bahaya Olahraga Berlebihan


Olahraga merupakan gaya hidup yang selalu dianjurkan agar tubuh menjadi sehat. Selain pola makan yang teratur, olahraga secara rutin juga dapat menunjang kebugaran tubuh. Tentu saja jika kita jarang berolahraga maka tubuh pun menjadi lebih lemah. Tapi sebagian orang yang melakukan olahraga secara berlebih dengan waktu yang relatif lama, bahkan ada yang sampai lebih dari 3 jam dalam sehari. Ini bisa dikatakan terlalu berlebihan, dan biasanya terjadi pada seorang atlet yang ingin mencapai target tertentu.
Olahraga memang bisa menyehatkan tubuh, namun apa jadinya bila dilakukan secara berlebihan? Ya jawabannya tentu saja tidak baik. Segala sesuatu itu harus pada batas yang wajar, karena tubuh kita bukan seperti mesin yang bisa bekerja secara terus-menerus tanpa istirahat.
Olahraga yang berlebihan bisa mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan. Inilah dampak buruk yang bisa terjadi jika melakukan olahraga secara berlebihan;

  1. Cepat botak. Olahraga dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan stres kronis. Stres kronis dapat menyebabkan telogen effluvium (kondisi di mana folikel rambut masuk ke fase istirahat sebelum waktunya) yang menyebabkan lebih banyak rambut rontok ketimbang rambut yang tumbuh. Selain itu, selama berolahraga juga membuat penumpukan keringat yang bersifat asin. Penumpumkan cairan asin di kulit kepala dapat menyebabkan rambut rontok serta kusam dan kering.
  2. Pebekuan darah. Olahraga yang berlebihan akan membuat otot lebih tegang dan membengkak sehingga menyebabkan penekanan pembuluh vena. Hal ini yang dapat menyebabkan pembekuaan darah.
  3. Gangguan kesuburan wanita. Olahraga yang berelebihan melebihi waktu normal dapat mengganggu kesuburan reproduksi wanita. Gangguan ini terjadi setelah wanita melakukan olahraga 3x lipat dibanding orang normal. Wanita akan cenderung mengalami gangguan siklus menstruasi dan hormonal yang menyebabkan kesuburan wanita berkurang.
  4. Memperbesar jantung. Pembesaran jantung bisa terjadi pada latihan beban yang  berlebihan. Menahan saat mengangkat beban akan membuat darah dari jantung terhambat masuk paru-paru sehingga jantung akan membesar. Masalah baru juga akan muncul jika seseorang berhenti dari rutinitas olahraganya.
  5. Pusing. Pusing karena dehidrasi. Terlalu berlebihan dalam melakukan olahraga akan kerap menimbulkan pusing. Hal ini terjadi disebabkan ketika olahraga tubuh akan mengeluarkan cairan berupa keringat. Seseorang yang mengeluarkan cairan yang banyak akan menyebakan dehidrasi.
  6. Selalu merasa lelah. Merasa selalu berenergi dan bisa tidur nyenyak adalah efek positif yang dirasakan jika melakukan olahraga. Terlalu banyak berlatih olahraga justru akan membuat tubuh selalu lelah secara fisik dan mental. Tak jarang juga menyebabkan rasa kantuk berlebihan di saat-saat produktif.
  7. Memicu stroke. Bahaya yang ditimbulkan dari olahraga yang berlebihan adalah terjadi pembekuan darah. Bahaya dari pembekuan darah adalah jika sebagian bekuan darah ikut dalam aliran darah dan menyumbat pembuluh darah. Jika bekuan menyangkut di paru-paru akan menyebabkan emboli paru-paru, jika bekuan menyangkut di otak akan menyebabkan stres.
  8. Denyut jantung yang selalu tinggi. salah satu tanda stres berlebihan adalah denyut jantung yang tinggi. Jika ini terjadi bisa merupakan tanda bahwa terjadi stres fisik dan mental karena kelebihan kegiatan fisik.
Dilihat dari efek negatif yang terjadi karena olahraga berlebihan sungguh menakutkan bukan? Olahraga memang dianjurkan oleh pakar kesehatan dimana pun, namun olahraga hendaknya dilakukan dalam batas yang sewajarnya. Kalau kita terlalu over maka tubuh pun akan merespon dengan tidak baik. Sebaiknya jika kita ingin meningkatkan derajat kebugaran tubuh mulailah dengan proses. Lakukan latihan bertahap setiap waktunya, jangan sampai memacu tubuh sekaligus. Dengan berlatih secara bertahap tubuh akan bisa menyesuaikan diri dan tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, terapkanlah pola makan yang benar ketika kita beraktifitas tinggi agar keseimbangan kesehatan tetap terjaga.

Itulah sekilas tentang bahaya olahraga yang berlebihan, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment