Tuesday, August 14, 2012

10 Makanan yang Paling Menyehatkan



10 Makanan yang Paling Menyehatkan Bagi Tubuh

Kesehatan merupakan modal utama bagi manusia. Kesehatan adalah nikmat yang paling dibutuhkan. Berbagai faktor dapat mempengaruhi kesehatan manusia seperti aktivitas, lingkungan, kebersihan, dan juga tidak ketinggalan makanan. Manusia harus makan untuk bisa bertahan hidup, makanan adalah kebutuhan yang tidak dapat diganti. Selain untuk bertahan hidup, makanan juga dapat menunjang kesehatan manusia itu sendiri. Berjuta-juta jenis makanan yang bisa dikonsumsi, namun ada yang baik dikonsumsi oleh tubuh dan ada juga yang bisa membahayakan tubuh. 
Kita seharusnya memilih makanan bukan berdasarkan rasa enak saja, tetapi juga harus berdasarkan manfaatnya dan dikonsumsi dengan porsi yang benar. Berikut ini ada beberapa makanan yang bisa dikatakan paling menyehatkan untuk kesehatan tubuh manusia.
1. Telur

Telur merupakan bahan makanan yang tidak asing lagi, telur dikenal sebagai sumber protein yang relatif murah dan terjangkau. Selain itu kuning telur mengandung kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori dan daya ingat.

2. Salmon

Salmon merupakan sejenis ikan yang berlemak dan sumber terbaik asam lemak Omega 3-DHA dan EPA yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak . Riset terbaru juga membuktikan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan memiliki hasil yang memuaskan ketika ujian. Menurut para ahli walaupun tuna memiliki asam omega-3 namun tidak sebaik ikan salmon.

3. Gandum Murni

Gandum merupakan supali atau sediaan tubuh yang sifatnya konstan yang dibutuhkan oleh otak. Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu pengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi mengatur sistem syaraf. 

4. Selai Kacang 

Kacang tanah dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.

5. Oat/Oatmeal

Oat merupakan salah satu jenis sereal yang paling populer dikalangan anak-anak dan kaya akan nutrisi penting bagi otak. Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak mengawali aktivitasnya di pagi hari. Kaya akan kandungan serat, oat akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya sepanjang hari. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium, dan seng yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh. 

6. Berry

Strawberry, cherry, blueberry dan blackberry. Secara umum semakin kuat warnanya, maka semakin banyak nutrisi yang dikandungnya. Berry mengandung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C yang berfaedah mencegah kanker. Beberapa riset menunjukan mereka yag mendapatkan ekstra blueberrydan strawberry mengalami perbaikan dalam fungsi daya ingatnya. Biji dari buah berry ini juga ternyata kaya akan asam lemak omega-3.

7. Sayuran Berwarna

Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.

8. Kacang- kacangan 

Kacang adalah makanan spesial, sebab kacang ini memiliki energi yang berasal dari protein dan karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral. Kacang juga merupakan makanan yang baik untuk otak karena mereka dapat mempertahankan energi dan kemampuan berfikir anak-anak pada puncaknya di sore hari jika dimakan saat makan siang. Menurut penelitian kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 dibandingkan jenis kacang lainnya, khususnya ALA- jenis asal omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak.

9. Susu dan Yogurt

Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak. Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D dan bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan. Vitamin D adalah vitamin yang juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.

10. Daging Sapi tanpa Lemak

Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak zat besi. Dengan hanya mengonsumsi 1 ons perhari, maka tubuh Anda akan terbantu dalam penyerapan zat besi dalam sumber lainnya. Daging sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat. Khusus bagi vegetarian , Anda dapat memanfaatkan kacang hitam dan burger kedelai sebagai pilihan. Kacang-kacangan adalah sumber penting zat besi non heme - tipe zat besi yang membutuhkan vitamin C yang dapat diserap oleh tubuh. Mengkonsumsi tomat, jus jeruk, strawberry dan juga kacang-kacangan juga dapat dipilih sebagai upaya untuk mencukupi kebutuhan zat besi.

Itulah tadi sepuluh makanan yang paling menyehatkan. Sekian, semoga bermanfaat dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment